
Bisnishotel.id, MALANG – Sebagai wujud inovasi dalam menghadirkan pengalaman pernikahan yang eksklusif dan berkesan, Hotel Tugu Malang gelar “The Intimate Wedding Corner”.
Diselenggarakan pada 29 Mei hingga 1 Juni 2025 di SaigonSan Garden & Café, program ini mengusung konsep intimate wedding yang menjadi tren di kalangan pasangan muda urban yang mengedepankan kualitas, estetika, dan keintiman.
Berbeda dengan konsep pameran pernikahan konvensional yang lebih massal dan transaksional. Berbeda dengan program ini yang dirancang sebagai showroom tematik, memadukan suasana taman tropis bergaya Indochine yang artistik dengan pendekatan kuratorial.
Pengunjung dapat merasakan secara langsung pengalaman pernikahan yang lebih personal dan terkurasi, sekaligus berkonsultasi dengan vendor-vendor terpilih, mulai dari The Great Larasati untuk perencana pernikahan, Yusyoga untuk dekorasi, serta desainer busana, fotografer, dan makeup artist lokal yang telah terkurasi oleh manajemen hotel.
Secara bisnis, langkah ini mencerminkan strategi diferensiasi Hotel Tugu Malang untuk tetap relevan dan kompetitif di tengah persaingan ketat industri hospitality.
Di segmen pernikahan premium, hotel bukan hanya menawarkan venue, tetapi juga pengalaman menyeluruh mulai dari atmosfer, layanan, hingga nilai seni dan budaya.
“Ini bukan hanya soal tempat, tapi tentang membangun pengalaman yang tak terlupakan. Kami ingin Hotel Tugu menjadi rumah bagi pernikahan yang artistik, intim, dan otentik. Dengan menghadirkan vendor-vendor terbaik dan pendekatan kuratorial, kami memberi solusi yang lengkap bagi calon pengantin yang menginginkan lebih dari sekadar seremoni,” ungkap salah satu karyawan Hotel Tugu Malang yang tidak mau disebutkan namanya, Jumat (30/5/2025).
Dari perspektif perekonomian, aktivitas ini turut mendorong ekosistem industri kreatif lokal. Melalui kolaborasi dengan pelaku usaha mikro dan menengah di sektor wedding, fashion, kuliner, dan desain, Hotel Tugu Malang turut menjadi katalis perputaran ekonomi kreatif di Malang Raya.
Selain meningkatkan tingkat okupansi, program seperti ini juga menciptakan multiplier effect dari sisi konsumsi jasa dan produk lokal.
Pasar pernikahan sendiri masih menjadi kontributor penting dalam revenue stream sektor perhotelan, terutama untuk hotel dengan segmentasi premium.
Melalui positioning yang kuat pada segmen ini, Hotel Tugu Malang memperkuat portofolionya sebagai destinasi unggulan untuk wedding dan event berkonsep seni tinggi di wilayah Jawa Timur.
