Teknologi OYO Dorong Pertumbuhan Bisnis Pariwisata dan Perhotelan di Belitung

OYO 358 Hotel Martani Belitung/Booking.com
OYO 358 Hotel Martani Belitung/Booking.com
OYO 358 Hotel Martani Belitung/Booking.com

Bisnishotel.com, BELITUNG – OYO Hotels & Homes dan teknologinya hadir di Belitung untuk mendorong pertumbuhan bisnis pariwisata dan perhotelan.

OYO secara resmi diluncurkan di Belitung pada tanggal 31 Januari 2019 dengan menggandeng 2 hotel mitra dengan jumlah 69 kamar.

Hanya dalam 5 bulan, OYO telah berhasil menambah jumlah mitra di Belitung menjadi 8 hotel dengan total 190 kamar.

OYO hadir di Belitung untuk memenuhi permintaan kamar bagi wisatawan di Negeri Laskar Pelangi yang terus meningkat.

Ada sejumlah destinasi wisata menarik di Belitung di antara lain Pantai Tanjung Tinggi, Bukit Berahu, Pantai Punai, Danau Kaolin, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Penyabong dan Pantai Nyiur Melambai.

Data Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung menunjukkan, kunjungan wisatawan dari tahun 2014 hingga 2018 mengalami kenaikan rata-rata 29,41% per tahun.

Sedangkan, pada tahun 2018, total kunjungan wisatawan mencapai 467.571 orang yang terdiri dari 14.681 wisatawan mancanegara dan 452.890 wisatawan nusantara.

Country Lead OYO Hotels Indonesia, Rishabh Gupta mengatakan teknologi yang menjadi DNA OYO Hotels telah membantu mitra hotel mereka dalam mengelola operasional bisnis melalui solusi yang bersifat end to end.

“Melalui teknologi yang dibangun sendiri oleh OYO Hotels, perusahaan ini mampu membantu para mitranya meningkatkan okupansi kamar hingga 75%,” ujar Rishabh, Kamis (27/6/2019).

Dia menjelaskan, tak hanya membantu meningkatkan okupansi kamar, teknologi OYO Hotels juga membantu pemilik hotel dalam kegiatan operasional sehari-hari seperti masalah antrian check-in atau check-out ketika peak season.

Baca Juga: Potensi Pariwisata Menjanjikan, OYO Bidik Pasar di Lampung

Adapun lima teknologi utama yang ditawarkan OYO Hotels. Pertama, sistem operasi OYO. Setiap hotel yang tergabung dalam jaringan OYO Hotels, menggunakan sistem operasi ini untuk mendapatkan beragam fitur canggih, termasuk fitur Express Check-In atau Check-Out.

Kedua, sistem manajemen properti. Solusi terpadu end to end berbasis aplikasi ini berfungsi untuk memantau semua kegiatan harian seperti melihat pemesanan, saluran penjualan, permintaan pelanggan, kinerja housekeeping hingga bagian keuangan.

Ketiga, Owner App. Aplikasi untuk pemilik hotel ini cukup mudah digunakan untuk memantau operasional bisnis seperti arus kas, performa bisnis, harga, review pelanggan, dan rekomendasi.

Keempat, Krypton App. Aplikasi ini dibuat khusus untuk keperluan audit dan menjamin pengalaman tamu tetap luar biasa saat menginap di properti jaringan OYO Hotels.

Kelima, teknologi identifikasi pola. Teknologi OYO Hotels memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi pola terkait perilaku tamu. Dengan mengetahui pola tersebut, pengelola hotel bisa melakukan antisipasi untuk memenuhi kebutuhan tamu.

“Melalui beragam solusi berbasis aplikasi dan dukungan tim, OYO Hotels berharap bisa menciptakan kemajuan terhadap industri hospitality Indonesia, mulai dari pemilik hotel, karyawan hotel dan tamu yang menginap,” katanya.

Related posts