Perjalanan Karir Sapta Hadi Wahyuni

Sapta Hadi Wahyuni, Direktur Sales dan Marketing The Luxton Bandung – Istimewa

Bisnishotel, BANDUNG – Sapta Hadi Wahyuni atau akrab dipanggil Unie lahir pada 19 April 1973 di Kota Bandung, Indonesia. Saat ini dirinya mengemban tugas sebagai Direktur Sales dan Marketing di The Luxton Bandung.

Sebelum menyelami bidang perhotelan, Unie memulai pendidikan S1 Bisnis Administrasi Universitas Katolik Parahyangan. Dan memulai karirnya di dunia perhotelan sejak tahun 1997 hingga saat ini.

“Pengalaman kerja di dunia perhotelan sudah lama saya tekuni. Merintis mulai dari business center secretary, hingga terjun ke departemen sales dan marketing,” kata Unie saat ditemui Bisnis, Senin (18/3/2024).

Karir Unie di dunia perhotelan mulai berkembang saat dirinya diberi kesempatan menjadi Sales Manager di Holiday Inn Bandung Dago yang saat ini menjadi Courtyard by Marriot.

Ia menuturkan awalnya menjabat sebagai sales hotel merasakan keraguan apalagi dibebankan dengan target yang cukup tinggi. Namun setelah dicoba dan ditekuni hal tersebut justru menjadi hal menyenangkan dan merasakan mendapat passionnya.

“Awalnya saya sering menolak menjadi sales karena saya takut dengan targetnya. Namun ternyata bekerja sebagai sales di dunia perhotelan itu sangat menarik karena kita dapat membina relasi dengan banyak orang dan dapat menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut menjadi suatu hal yang bisa menambah pengalaman serta wawasan,” tuturnya.

Sebagai pemimpin di Departemen Penjualan dan Pemasaran The Luxton Bandung, tugas Unie merupakan ujung tombak dalam mencapai setiap target yang dibebankannya.

“Dijabatan saat ini, saya merasa lebih enjoy menguasai tanggung jawab yang diberikan meskipun kondisi dunia perhotelan tidak seperti dahulu lagi,” ungkapnya.

Menurutnya dunia perhotelan saat ini memiliki kompetisi yang sangat luar biasa, dimana dirinya dituntut untuk dapat terus memenangkan kompetisi penjualan dengan hotel lain.

“Strategi dalam bertahan didunia perhotelan saat ini dilihat dari segi harga yang kompetitif, branding hotel, kreasi produk layanan hotel yang harus terus ditingkatkan, dan sumber daya manusia yang kompeten,” jelasnya.

Kendati demikian, dirinya sangat optimis dan dapat melampui setiap apa yang dikerjakannya dari tahun ke tahun dengan peka terhadap tren terbaru untuk dijadikan inovasi dan motivasi dalam proses pengambangan usahanya di hotel The Luxton Bandung.

Disela-sela kesibukannya, wanita yang sebentar lagi genap berusia 51 tahun tersebut memiliki hobi bertanam, dan selalu mengutamakan prinsip hidup ‘Jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain’, karena dengan begitu biasanya segala kemudahan dan kebaikan akan datang kembali kepada diri kita, sehingga kita bisa menikmati apa yang sedang dikerjakan.

Related posts