Libur Nataru, Stasiun Purwokerto Dipadati Pengunjung

Illustrasi penumpang yang berdatangan untuk melakukan keberangkatan di Stasiun Purwokerto – Istimewa

Bisnishotel, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daop 5 Purwokerto mencarat 70% tiket kereta ludes terjual.

Sebanyak 55.000 penumpang diberangkatkan dari stasiun Purwokerto pada hari keempat pelaksanaan angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan, pihaknya mencatat sebanyak 63.883 penumpang turun atau datang di stasiun Purwokerto.

Berdasarkan pantauan tempat duduk (TD) terjual sebanyak 18.159 dari total TD 40.464 atau 45% untuk kereta api kelas eksekutif, disusul dengan kelas bisnis yang terjual 10.231 dari total TD 17.676 atau 58%, dan kelas ekonomi terjual 91.900 pengunjung dari total 113.472 TD atau 81%.

“Dengan demikian, secara total sebanyak 120.290 TD terjual dari total TD sebanyak 171.612 atau 70%,” kata Feni dalam keterangan tertulis pekan lalu.

Sementara itu, guna memberikan pelayanan yang praktis kepada para pelanggan selama momen libur Nataru, Feni menurutkan, KAI telah menambah layanan Face Recognition di pintu masuk stasiun melakui skybridge di Gedung Baru Stasiun Purwokerto.

“Terdapat 4 unit Face Recognition yang sudah difungsikan,” imbuhnya.

Face Recognition boarding gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera untuk mengindentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta milik penumpang.

“Pelanggan yang melakukan boarding melalui face recongnition gate tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti print tiket,” pungkasnya.

Sementara menurut Joni Martinus selaku Vipe President Media Relation PT KAI (Persero) mengatakan bahwa peningkatan layanan di Stasiun Purwokerto mencakup space tenant, toilet zona 3, gate in, area dropzone, kendaraan roda empat, area parkir roda dua, dan penataan area pertamanan.

“Selain skybride dan face recognition, kami juga berikan pelayanan loket dan lounge serayu yang lengkap dengan fasilitas baru,” kata Joni.

Joni berharap dengan hadirnya wajah baru stasiun Purwokerto dapat memberikan kemudahan dan manfaat bagi pelanggan serta menjadi kebanggaan untuk seluruh masyarakat Purwokerto.

Related posts