Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Bantu UMKM

Owner Pelaku Usaha Specialty Tea asal Bandung OZA Tea, Oza Sudewo (kiri) disaksikan Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia Rizky Juanita Azuz meracik teh artisan pada acara Workshop Tokopedia Dukung UMKM Lokal Bandung Lestarikan Teh Asli Indonesia di Tilu Kitchen and Patissereie, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (24/7/2023). – Bisnis

Bisnishotel, BANDUNG – Tokopedia terus berupaya untuk mempermudah pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, dengan menghadirkan inisiatif hyperlocal sebagai salah satu upaya untuk mendukung tumbuh kembang pelaku usaha lokal, termasuk di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Inisiatif Hyperlocal yang dihadirkan Tokopedia, mengusung teknologi geo tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat. Salah satu manifestasi inisiatif ini adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

KTP merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Contohnya penjual produk teh dari Bandung, bisa memasarkan produk ke masyarakat Bandung dan sekitarnya bahkan menjangkau pasar lebih luas hingga ke seluruh Indonesia,” terang Rizky Juanita Azuz selaku Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia di Tilu Kitchen and Patissereie, Kota Bandung, Senin (24/7/2023).

Berdasarkan data dari Tokopedia, tercatat terjadi kenaikan jumlah transaksi pada semester pertama 2023 yakni jumlah transaksi naik menjadi 141% dari tahun lalu, diikuti dengan jumlah pembeli 165% dan jumlah penjual 166%.

Dari data tersebut, teh menjadi produk di kategori minuman yang paling banyak dibeli selama semester I 2023. Salah satu produk teh yang populer pembeliannya di tokopedia adalah OZA Tea.

OZA Tea didirikan pada 2010 oleh Oza Sudewo, usahanya dimulai karena ketertarikannya pada teh asli Indonesia yang tidak kalah dengan teh dari negara lain.

Awalnya penjualan OZA Tea menerapkan model bisnis B to B. Namun pada saat pandemi melanda, bisnisnya beralih ke online melalui Tokopedia.

“Manfaat yang saya dapat sejak bergabung dengan Tokopedia sangat besar. Tercatat pendapatan OZA Tea pada 2023 naik 2x lipat dibanding tahun 2022. Bahkan Tokopedia berkontribusi sebesar 80% terhadap omzet khusus penjualan bisnis retail OZA Tea hingga saat ini,” ujar Oza.

Oza menambahkan untuk menguatkan keberlangsungan bisnisnya, pihaknya rutin memanfaatkan kampanye Flash Sale, Payday Sale, dan WIB. Sehingga berhasil memperluas pasar dan Pulau Selayar di Sulawesi Selatan menjadi rute pengiriman paling jauh.

Dalam menjalankan usahanya, Oza memberdayakan dan membeli langsung daun teh dari petani lokal dari beberapa wilayah penghasil teh di Indonesia.

“Saya melihat bahwa budaya ngeteh di Indonesia sangat kental. Bahkan negara kita pun punya keanekaragaman teh yang sangat beragam, dan kualitasnya juga tidak kalah dengan teh dari luar negeri,” katanya.

Menurutnya, OZA Tea hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tercerahkan pandangannya terhadap teh Indonesia yang memiliki keanekaragaman pilihan teh berkualitas.

“Dengan tetap konsisten terhadap strategi bisnis yang kami jalani, OZA Tea akan terus memperkenalkan teh Indonesia yang berkualitas. Hingga kini, kami menjual tea artisan dengan bahan 100% daun teh asli Indonesia,” tegasnya.

Related posts