Jangan Bandingkan Anak dengan Orang Lain, Kenapa?

Jangan Bandingkan Anak dengan Orang Lain, Kenapa?/Boldsky
Jangan Bandingkan Anak dengan Orang Lain, Kenapa?/Boldsky
Jangan Bandingkan Anak dengan Orang Lain, Kenapa?/Boldsky

Bisnishotel.com, BANDUNG – Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Motivasi dari orang tua sangat diperlukan untuk perkembangan anak. Namun, terkadang secara sadar atau tidak sadar orang tua memotivasi anaknya dengan cara membandingkannya dengan anak orang lain. Namun, jangan bandingkan anak anda dengan orang lain, kenapa ya ? Berikut penjelasannya.

Dilansir Boldsky, membanding-bandingkan anak dengan orang lain merupakan hal yang kurang tepat. Pasalnya, hal ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri anak. Anak akan ragu dengan kemampuannya sendiri karena melihat anak lain lebih berhasil darinya.

Membandingkan anak dengan temannya akan menimbulkan kecemburuan. Kecemburuan ini patut diperhatikan karena sewaktu-waktu bisa berubah menjadi kebencian dalam jangka panjang.

Anak juga cenderung akan kesulitan menyelesaikan tugas atau tantangannya. Hal ini dikarenakan mereka sudah menumbuhkan sifat takut gagal lalu dibandingkan dengan orang lain.

Membandingkan anak dengan orang lain juga akan mempengaruhi hubungan Anda dengan anak sendiri. Sebagai orang tua, pastinya tidak menginginkan renggangnya hubungan dengan anak hanya karena salah menyampaikan kata-kata.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya orang tua lebih banyak berkomunikasi dengan anaknya. Tanyakan pada anak tentang apa yang dia sukai atau tidak sehingga anak menjadi lebih fokus dan percaya diri.

Baca Juga: Lindungi Anak anda Dari Covid-19 Dengan Cara Ini Yuk

Related posts