Bisnishotel.com, JAKARTA – ZAP Clinic merilis survei mengenai industri kecantikan di Tanah Air. Terangkum dalam Zap Beauty Index 2020, survei ini menggunakan metode online survey kepada 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019.
Survei ini mencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yaitu Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun) dan Gen Z (13-22 tahun).
ZAP Beauty Index 2020 membagi potret industri kecantikan ke dalam tiga segmen, yakni Let’s Talk about Beauty, Beauty Beyond Words dan Beauty in Action.
Head Section Marketing Communication ZAP, Lenny Theresia mengatakan Let’s Talk about Beauty merangkum deretan fakta mengenai pengalaman para responden dalam melakukan berbagai perawatan kecantikan.
Hasilnya, survei ini menunjukkan, hampir seluruh perempuan Indonesia (45,4%) menggunakan skincare sebelum usia 19 tahun dan satu dari empat perempuan Indonesia melakukan treatment di klinik kecantikan sebelum berusia 19 tahun.
Yang menarik, Gen Z menggunakan hampir seluruh pendapatan mereka untuk perawatan kecantikan. Sementara, Gen Y hanya menggunakan 30%, dan Gen X justru kurang dari 5%.
“ZAP Beauty Index 2019juga memotret definisi cantik di mata perempuan Indonesia yang dijelaskan dalam segmen Beauty Beyond Words. Sebesar 46,7% responden mendefinisikan cantik berarti memperindah penampilan secara keseluruhan atau biasa disebut dengan well-dressed. Namun yang pasti, memiliki kulit cerah nan glowing masih menjadi definisi cantik secara umum di mata sebagian besar perempuan Indonesia (82,5%),” ujarnya, Kamis (23/1/2020).
Dia memaparkan, beralih ke segmen Beauty in Action, ZAP Clinic mencoba menggali lebih jauh mengenai perilaku para responden dalam menjalani rutinitas perawatan kecantikan.
Faktanya, terdapat enam produk skincare wajib yang digunakan perempuan Indonesia setiap hari, yaitu meliputi facial wash, moisturizer, toner, serum, essence, dan eye cream. Facial wash memiliki peminat paling banyak sebesar (92,4%) sebagai skincare yang wajib digunakan.
Dalam mencari informasi dan memperbanyak referensi, perempuan Indonesia memilih Instagram (77,2%), Youtube (55,9%), dan Beauty Blogger (42,3%) sebagai sumber referensi utama. Sedangkan Gen X cenderung mengombinasikan informasi online dan offline, seperti melalui Instagram (53,2%) dan teman-teman (38,4%).
Berbicara tentang perawatan kecantikan, mayoritas perempuan Indonesia lebih sering mengunjungi klinik kecantikan (76,0%) dibandingkan pergi mengunjungi salon (39,7%). Perbandingan tersebut mencapai hingga dua kali lipat.
“Deretan fakta tersebut hanya sebagian kecil dari berbagai temuan mendalam yang terangkum dalam ZAP Beauty Index 2019,” katanya.
Baca Juga: Rayakan Tahun Baru China di Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport
Fotografer