Bisnishotel, BANDUNG – Traveloka, platform perjalanan terdepan se-Asia Tenggara terus berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah melakukan langkah-langkah konkret bagi percepatan pemulihan industri pariwisata khususnya di wilayah Bandung Raya.
CEO of Transport Traveloka, Iko Putera, mengungkapkan seiring meningkatnya minat wisatawan untuk melakukan perjalanan ke berbagai destinasi wisata unggulan yang tersebar di Bandung Raya. Traveloka secara aktif mendorong terwujudnya digitalisasi layanan perjalanan dan wisata secara end-to-end.
Mengutip hasil riset East Ventures Digital Competitiveness Index (EV DCI) Tahun 2022, Iko memaparkan bahwa wilayah Bandung Raya menempati posisi kedua yang memiliki daya saing digital tertinggi di Indonesia dengan skor 62,8.
“Wilayah Bandung Raya menjadi salah satu bukti, kuatnya peran digitalisasi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi baru, termasuk industri pariwisata di Indonesia. Kami percaya upaya percepatan digitalisasi akan memperkuat pemulihan sektor pariwisata di Bandung Raya,” ujar Iko di Jakarta, Jumat (17/2/2023).
Bandung Raya sampai saat ini masih menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung karena menawarkan beragam hiburan dan atraksi, baik di dalam ruangan, luar ruangan, playground, ataupun wellness.
Selain itu, data internal Traveloka menyebutkan bahwa pencarian konsumen mengenai akomodasi, seperti hotel, villa, apartemen dan glamping di Bandung Raya meningkat tajam hingga menembus angka lebih dari 2x lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.
Adapun permintaan konsumen untuk menikmati berbagai atraksi wisata di Bandung Raya juga meningkat hingga 86% pada tahun 2022.