Bisnishotel.com, BANDUNG – Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-11 digelar di Kota Bandung pada 17-19 Oktober 2019.
Penyelenggara dari PT Langit Biru Maharaya, Adep Husni mengatakan kontes ini merupakan acara tahunan yang digelar oleh AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia)
Adapun tujuan diselenggarakannya acara KKSI ini antara lain sebagai inventarisasi karakteristik mutu fisik dan cita rasa dari seluruh Indonesia, mendukung pemantapan dan pengembangan produksi kopi specialty di Indonesia untuk pasar ekspor dan pasar domestik.
“Kami ingin acara ini bisa mendorong lahirnya kopi-kopi yang berkualitas dan memiliki cita rasa baik. Selain itu, kami juga ingin mendorong peningkatan nilai jual kopi Indonesia,” ujar Adep, Rabu (9/10/2019).
Baca Juga: Dapatkan Pelayanan Spa Eksklusif di The SPA – The ONE Legian
Adep menambahkan, KKSI juga diharapkan bisa menciptakan hubungan yang lebih terintegrasi antara pemerintah, pelaku kreatif dan stakeholder untuk komoditas kopi.
“Daerah penghasil kopi di Indonesia juga bisa dijadikan destinasi wisata,” katanya.
Dengan begitu, lanjut Adep, akan ada banyak wisatawan mancanegara atau wisatawan nusantara yang datang ke daerah penghasil kopi tersebut.
“Untuk para peserta bisa berasal dari perorangan, kelompok tani, koperasi, perusahaan, dinas pemerintah, lembaga penelitian, coffee shop, eksportir kopi dan lain-lain,” ujarnya.
Nantinyam akan ada 15 peserta terpilih yang akan diberikan hadiah berdasarkan masing-masing kelompok, yaitu arabika, robusta dan natural. Adapun hadiah utama yang diperebutkan bernilai Rp10.000.000.
Fotografer