
Bisnishotel.id, BANDUNG — PT Home Credit Indonesia kembali mempertegas komitmennya dalam mendorong literasi keuangan generasi muda melalui seminar bertajuk “#DoITCERDAS: Belajar Strategi Keuangan Untuk Wujudkan Cheetah Cheetah (cita-cita)” di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, Selasa (25/11/2025).
Inisiatif ini digelar untuk memperkenalkan pembiayaan bertanggung jawab dan pemahaman mengenai layanan keuangan yang sehat.
Kegiatan ini merupakan kolaborasi Home Credit dengan One Financial Group yang beranggotakan MUFG Bank Ltd. Jakarta Branch, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), dan PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk. Melalui program edukasi ini, mahasiswa diajak memahami strategi pengelolaan finansial dalam menghadapi tantangan ekonomi.
Head of Collection Operations Home Credit, Andri Maulana menyampaikan bahwa pentingnya menjaga skor kredit sebagai dasar kesehatan finansial.
“Skor kredit yang baik dapat menciptakan berbagai kesempatan dalam hidup, seperti peluang kerja hingga akses pembiayaan,” ujarnya saat ditemui Bisnis, di Unpar, Kota Bandung, Selasa (25/11/2025).
Selain edukasi mengenai pembiayaan, peserta juga memperoleh materi terkait perencanaan keuangan, pengelolaan pengeluaran, hingga strategi menabung secara berkelanjutan.
Danamon melalui Sustainability Finance Head, Abdul Hadi, menekankan menabung sebagai gaya hidup keuangan yang disiplin untuk mencapai tujuan jangka panjang.
Adira Finance turut menyoroti peran kewirausahaan sebagai peluang masa depan generasi muda. Head of Regional SSD Jawa Barat Adira Finance, Handi, mengatakan bahwa generasi muda perlu memulai langkah awal pengembangan diri dengan keyakinan melalui dukungan berkelanjutan.
Sementara menurut Head of Brand & Marketing Communications Zurich Indonesia, Defina Tobing menambahkan bahwa perlindungan asuransi merupakan fondasi dalam menjaga stabilitas keuangan.
“Edukasi ini diklaim penting agar generasi muda memiliki pemahaman risiko yang tepat dalam mengambil keputusan finansial,” tambahnya.
Seminar ini dihadiri ratusan mahasiswa lintas fakultas di Unpar dan menjadi pelaksanaan kedua yang digelar Home Credit bersama One Financial Group, setelah rangkaian serupa berlangsung di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 2024.
Program ini juga merupakan bagian dari inisiatif literasi keuangan #DoITCERDAS yang, sepanjang 2025, telah menjangkau lebih dari 17,1 juta orang melalui berbagai kegiatan daring dan luring.
Home Credit berharap, edukasi ini dapat membantu membangun budaya keuangan yang sehat di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.
Melalui pendekatan kolaboratif dan berbasis edukasi, Home Credit menegaskan komitmennya dalam memperluas akses literasi keuangan, khususnya bagi generasi muda Indonesia yang merupakan penggerak ekonomi masa depan.

