Digitalisasi Pasar Rakyat Bersama Tokopedia

Bisnishotel, CICALENGKA – Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal, Tokopedia terus menggencarkan inisiatif hyperlocal guna mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Salah satunya dengan mendorong implementasi digitalisasi pasar rakyat.

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke salah satu pasar rakyat, yaitu Pasar Baru Cicalengka pada Senin (25/7/2022). Lewat Tokopedia, Pasar Baru Cicalengka berhasil menyokong ratusan pedagang setempat untuk tetap terhubung dengan masyarakat yang memerlukan produk kebutuhan harian khususnya selama pandemi.

Zulkifli Hasan mengatakan kegiatan digitalisasi pasar ini mampu memperpendek rantai pendistribusian antara penjual dan pembeli, sehingga pasar-pasar rakyat memiliki loka pasar (marketplace) dan platform untuk mencapai 1.000.000 pedagang UMKM di era digital.

“Artinya, ekosistem daring dibangun dan ekosistem luring dikembangkan,” ujar Zulkifli Hasan dalam keterangan resmi, Senin (25/7/2022).

Dia berharap semoga Kemendag dapat bekerjasama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi pasar rakyat dan pelaku UMKM dengan berbagai pemangku kepentingan.

Selain dengan pemerintah pusat, Tokopedia juga bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menggandeng penjual baru, baik individu maupun pasar rakyat di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan inovasi digitalisasi pasar rakyat akan terus dikembangkan agar terciptanya pemerataan pasar digitalisasi dalam hal pembelian sembako melalui digitalisasi ini.

“Kerja sama yang dilakukan bersama platform digital akan terus dilakukan untuk mempercepat digitalisasi pasar rakyat, salah satunya dengan tokopedia dan diharapkan dapat membantu para pedagang pasar rakyat dalam meningkatkan penjualannya secara daring sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian Jawa Barat.” Ujar Pria yang akrab disapa UU.

Hingga kini, ada 10 pasar rakyat yang bergabung di Tokopedia yaitu Pasar Baru Cicalengka, Pasar Cihapit di Bandung, Pasar Cikurubuk di Tasikmalaya, Pasar Anyar Tangerang, Pasar Rakyat Oro Oro Dowo di Malang, Pasar Beringharjo dan Pasar Gentan di Yogyakarta, Sewakamart Pasar Badung di Bali, serta Baruga Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Baruga Pasar Kampung Baru di Makassar.

Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan bebas ongkir dari Tokopedia sehingga bisa mendapatkan berbagai produk kebutuhan harian, seperti sembako dan minyak goreng hingga keperluan rumah tangga lain seperti sabun dan sampo, dengan lebih mudah dan efisien.

Tokopedia melalui Leontinus mengatakan bahwa akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah pusat dan daerah, untuk menghadirkan solusi yang aman dan terpercaya dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Related posts